Pengertian Branding



Pengertian Branding - Branding adalah citra atau identitas yang ditampilkan melalui produk, layanan, perusahaan, organisasi atau individu.

Banyak orang bingung antara brand dan logo untuk proses pencitraan merek yang sedang dibangun bisnis mereka, sebenarnya logo adalah perpanjangan dari identitas yang ditetapkan sesuai bisnis tersebut.

Memiliki logo yang baik dapat diibaratkan sebuah cara yang sama seperti sebuah bendera atau lagu kebangsaan yang mewakili suatu negara.

Kekuatan citra sebuah brand yang dirancang dengan baik dapat dilihat dari segala hal mulai dari layanan pelanggan hingga produk aktual yang mungkin ditawarkan perusahaan.

Kesalahpahaman lain tentang brand adalah bahwa mereka harus mencerminkan kualitas; dan itu mungkin benar dalam sebuah brand tentang kualitas (pikirkan sebuah logo Chanel yang mengkomunikasikan gagasan kemewahan).

Namun sebaliknya jika usaha kecil menengah lokal memiliki logo yang dirancang terlalu elegan justru sebenarnya dapat bekerja melawan sasaran merek mereka.

Hal ini dikarenakan bisnis mereka mungkin tampak terlalu mahal.

Branding yang Berhasil

Branding adalah usaha dalam merancang komunikasi yang tidak hanya bagus tapi yang terpenting adalah ketepatan sasaran.

Brand adalah janji, brand adalah komitmen bagi audiens Anda, brand adalah pengalaman yang audiens Anda rasakan, membangun brand yang baik adalah usaha untuk mewujudkan itu semua.

Branding yang sukses mengharuskan Anda memberikan pengalaman positif yang konsisten untuk audiens  Anda.

Loyalitas berasal dari usaha Anda dalam menepati janji Anda kepada audiens, mulai dari mendapatkan kepercayaan bahwa merek Anda akan melakukan yang terbaik di setiap layanan untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan dan harapkan dari Anda.

Kepercayaan ini menyebabkan audiens memilih brand milik Anda lagi dan mengabaikan kompetitor lainnya. Simak juga cara meningkatkan brand awareness.

Branding yang sukses tidak pernah menganggap audiens mereka sebagai penerima informasi semata.

Brand yang baik tidak pernah lupa bahwa yang terpenting bagi audiens adalah apa yang ada di dalam benak dan sisi emosional audiens.

Dengan beragamnya pilihan produk yang di lempar ke pasar, keputusan untuk memilih produk akan mengganggu target Anda, dan Anda harus meraih perhatian dari audiens agar terpilih.

Serpongku.com



Komentar

  1. Ko postingan ini nge share automatis ke twitter dan fb ane... Dan nge share nya sebagai ane.. Mohon di set ulang pengaturannya ya om.. Makasih

    BalasHapus

Posting Komentar