Penjelasan Blok Bisnis Model Kanvas

Penjelasan Blok Bisnis Model Kanvas 

Bisnis Model Kanvas adalah sebuah metode untuk membantu menganalisa kebutuhan dalam bisnis. Pada model kanvas, sebuah bisnis dibagi menjadi sembilan blok yang masing-masing memiliki kriteria yang dapat menyokong bisnis.



Sembilan blok pada bisnis model kanvas dapat dibagi menjadi (angka bukan urutan baku) :

1. Mitra Utama ( Key Partners )


  • Siapakah Mitra Utama Bisnis Anda?
  • Siapakah pemasok utama Bisnis Anda?
  • Sumber utama manakah yang Anda dapatkan dari mitra?
  • Kegiatan Kunci manakah yang dilakukan oleh mitra kerja
Prioritas yang penting diperhatikan:


  • Optimalisasi dan ekonomi
  • Pengurangan risiko dan ketidakpastian
  • Akuisisi sumber daya dan aktivitas tertentu

2. Kegiatan Utama ( Key Activities )


  • Kegiatan Kunci apa yang dibutuhkan Proposisi Nilai Bisnis Anda?
  • Saluran Distribusi Anda?
  • Hubungan pelanggan?
  • Aliran pendapatan?
Kategori kegiatan:
  • Produksi
  • Penyelesaian masalah
  • Platform / Jaringan

3. Sumber Daya Utama ( Key Resources )

  • Sumber-sumber utama apa yang dibutuhkan Proposisi Nilai Bisnis Anda?
  • Saluran Distribusi anda?
  • Hubungan pelanggan?
  • Aliran pendapatan
Jenis Sumber Daya
  • Fisik
  • Intelektual (paten merek, hak cipta, data)
  • Manusia
  • Keuangan

4. Nilai Proposisi ( Value Propositions )

  • Nilai apa yang Anda berikan kepada pelanggan?
  • Yang mana dari masalah pelanggan Anda yang Anda bantu selesaikan?
  • Kumpulan produk dan layanan apa yang bisnis Anda tawarkan ke setiap target pelanggan?
  • Kebutuhan pelanggan mana yang memuaskan?
Karakteristik
  • Kebaruan
  • Kinerja
  • Kustomisasi
  • Ketuntasan / finishing
  • Desain
  • Merek / Status
  • Harga
  • Pengurangan biaya
  • Pengurangan Risiko
  • Aksesibilitas
  • Kenyamanan / Kegunaan

5. Hubungan dengan Pelanggan ( Customer Relationship )

  • Hubungan macam apa yang dilakukan masing-masing Pelanggan Anda terhadap bisnis Anda ? 
  • Saluran hubungan yang mana yang telah Anda persiapkan untuk membantu pelanggan? 
  • Bagaimana mereka terintegrasi dengan model bisnis Anda lainnya? 
  • Seberapa besar biaya operasional saluran bantuan pelanggan yang Anda sediakan?
Contoh bentuk hubungan yang umum terjalin
  • Bantuan pribadi
  • Bantuan Pribadi Khusus
  • Swalayan
  • Layanan Otomatis
  • Komunitas
  • Co-creation

6. Saluran ( Channel )

  • Melalui Saluran mana Segmen Pelanggan Anda ingin dihubungi?
  • Bagaimana Anda menghubunginya sekarang?
  • Mana yang terbaik?
  • Mana yang paling hemat biaya?
  • Bagaimana Anda mengintegrasikannya dengan rutinitas pelanggan?
Tahapan Saluran Hubungan:
  • Kesadaran adalah bagaimana Anda meningkatkan kesadaran tentang produk dan layanan perusahaan Anda?
  • Evaluasi adalah bagaimana cara kami membantu pelanggan mengevaluasi Proposisi Nilai organisasi kami?
  • Pembelian adalah bagaimana Anda memberikan model pembelanjaan Anda kepada pelanggan yang ingin membeli produk dan layanan tertentu?
  • Pengiriman adalah tahapan bagaimana Anda memberikan Proposisi Nilai kepada pelanggan?
  • Setelah terjual / After Sales adalah bagaimana cara memberikan dukungan pelanggan pasca pembelian?

7. Segmen Pelanggan ( Customer Segment )

Untuk siapa Anda menciptakan keunggulan nilai - nilai pada produk Anda?
Siapa pelanggan terpenting Anda?
  • Pasar umum
  • Pasar terbatas
  • Tersegmentasi
  • Diversifikasi
  • Platform Multi-sisi

8. Struktur Biaya ( Cost Structure )

  • Apa biaya terpenting yang ada dalam model bisnis Anda?
  • Sumber daya utama apa yang paling mahal
  • Kegiatan kunci mana yang paling mahal?
Kecondongan Bisnis:
  • Menekan Biaya / Cost Driven (struktur biaya bersandar, proposisi harga murah, otomasi maksimum, outsourcing ekstensif)
  • Value Driven (difokuskan pada value creation, proposisi nilai premium)
Contoh Karakteristik:
  • Biaya Tetap (gaji, sewa, utilitas)
  • Biaya dengan variabel tertentu
  • Skala ekonomi
  • Lingkup Ekonomi
  • Expertise lainnya.

9. Aliran Pendapatan ( Revenue Stream )

  • Apa keunggulan nilai produk Anda yang benar-benar bersedia dibayar oleh pelanggan?
  • Untuk apa yang mereka bayar saat ini?
  • Bagaimana mereka saat ini membayar?
  • Bagaimana mereka lebih suka membayar?
  • Berapa banyak Revenue Stream berkontribusi terhadap pendapatan keseluruhan?
Jenis-jenis Aliran Pendapatan:
  • Penjualan aset
  • Biaya pemakaian
  • Biaya berlangganan
  • Pinjaman / Sewa / Persewaan
  • Perizinan
  • Biaya broker
  • Periklanan
Fix Price
  • Daftar Harga
  • Tergantung fitur produk
  • Segmen pelanggan tergantung
  • Tergantung volume
Dynamic Price
  • Negosiasi (tawar menawar)
  • Manajemen hasil
  • Real-time-Market

Komentar