Penjelasan Blok Bisnis Model Kanvas
Bisnis Model Kanvas adalah sebuah metode untuk membantu menganalisa kebutuhan dalam bisnis. Pada model kanvas, sebuah bisnis dibagi menjadi sembilan blok yang masing-masing memiliki kriteria yang dapat menyokong bisnis.Sembilan blok pada bisnis model kanvas dapat dibagi menjadi (angka bukan urutan baku) :
1. Mitra Utama ( Key Partners )
- Siapakah Mitra Utama Bisnis Anda?
- Siapakah pemasok utama Bisnis Anda?
- Sumber utama manakah yang Anda dapatkan dari mitra?
- Kegiatan Kunci manakah yang dilakukan oleh mitra kerja
- Optimalisasi dan ekonomi
- Pengurangan risiko dan ketidakpastian
- Akuisisi sumber daya dan aktivitas tertentu
2. Kegiatan Utama ( Key Activities )
- Kegiatan Kunci apa yang dibutuhkan Proposisi Nilai Bisnis Anda?
- Saluran Distribusi Anda?
- Hubungan pelanggan?
- Aliran pendapatan?
Kategori kegiatan:
- Produksi
- Penyelesaian masalah
- Platform / Jaringan
3. Sumber Daya Utama ( Key Resources )
- Sumber-sumber utama apa yang dibutuhkan Proposisi Nilai Bisnis Anda?
- Saluran Distribusi anda?
- Hubungan pelanggan?
- Aliran pendapatan
Jenis Sumber Daya
- Fisik
- Intelektual (paten merek, hak cipta, data)
- Manusia
- Keuangan
4. Nilai Proposisi ( Value Propositions )
- Nilai apa yang Anda berikan kepada pelanggan?
- Yang mana dari masalah pelanggan Anda yang Anda bantu selesaikan?
- Kumpulan produk dan layanan apa yang bisnis Anda tawarkan ke setiap target pelanggan?
- Kebutuhan pelanggan mana yang memuaskan?
Karakteristik
- Kebaruan
- Kinerja
- Kustomisasi
- Ketuntasan / finishing
- Desain
- Merek / Status
- Harga
- Pengurangan biaya
- Pengurangan Risiko
- Aksesibilitas
- Kenyamanan / Kegunaan
5. Hubungan dengan Pelanggan ( Customer Relationship )
- Hubungan macam apa yang dilakukan masing-masing Pelanggan Anda terhadap bisnis Anda ?
- Saluran hubungan yang mana yang telah Anda persiapkan untuk membantu pelanggan?
- Bagaimana mereka terintegrasi dengan model bisnis Anda lainnya?
- Seberapa besar biaya operasional saluran bantuan pelanggan yang Anda sediakan?
Contoh bentuk hubungan yang umum terjalin
- Bantuan pribadi
- Bantuan Pribadi Khusus
- Swalayan
- Layanan Otomatis
- Komunitas
- Co-creation
6. Saluran ( Channel )
- Melalui Saluran mana Segmen Pelanggan Anda ingin dihubungi?
- Bagaimana Anda menghubunginya sekarang?
- Mana yang terbaik?
- Mana yang paling hemat biaya?
- Bagaimana Anda mengintegrasikannya dengan rutinitas pelanggan?
Tahapan Saluran Hubungan:
- Kesadaran adalah bagaimana Anda meningkatkan kesadaran tentang produk dan layanan perusahaan Anda?
- Evaluasi adalah bagaimana cara kami membantu pelanggan mengevaluasi Proposisi Nilai organisasi kami?
- Pembelian adalah bagaimana Anda memberikan model pembelanjaan Anda kepada pelanggan yang ingin membeli produk dan layanan tertentu?
- Pengiriman adalah tahapan bagaimana Anda memberikan Proposisi Nilai kepada pelanggan?
- Setelah terjual / After Sales adalah bagaimana cara memberikan dukungan pelanggan pasca pembelian?
7. Segmen Pelanggan ( Customer Segment )
Untuk siapa Anda menciptakan keunggulan nilai - nilai pada produk Anda?
Siapa pelanggan terpenting Anda?
- Pasar umum
- Pasar terbatas
- Tersegmentasi
- Diversifikasi
- Platform Multi-sisi
8. Struktur Biaya ( Cost Structure )
- Apa biaya terpenting yang ada dalam model bisnis Anda?
- Sumber daya utama apa yang paling mahal
- Kegiatan kunci mana yang paling mahal?
Kecondongan Bisnis:
- Menekan Biaya / Cost Driven (struktur biaya bersandar, proposisi harga murah, otomasi maksimum, outsourcing ekstensif)
- Value Driven (difokuskan pada value creation, proposisi nilai premium)
Contoh Karakteristik:
- Biaya Tetap (gaji, sewa, utilitas)
- Biaya dengan variabel tertentu
- Skala ekonomi
- Lingkup Ekonomi
- Expertise lainnya.
9. Aliran Pendapatan ( Revenue Stream )
- Apa keunggulan nilai produk Anda yang benar-benar bersedia dibayar oleh pelanggan?
- Untuk apa yang mereka bayar saat ini?
- Bagaimana mereka saat ini membayar?
- Bagaimana mereka lebih suka membayar?
- Berapa banyak Revenue Stream berkontribusi terhadap pendapatan keseluruhan?
Jenis-jenis Aliran Pendapatan:
- Penjualan aset
- Biaya pemakaian
- Biaya berlangganan
- Pinjaman / Sewa / Persewaan
- Perizinan
- Biaya broker
- Periklanan
Fix Price
- Daftar Harga
- Tergantung fitur produk
- Segmen pelanggan tergantung
- Tergantung volume
Dynamic Price
- Negosiasi (tawar menawar)
- Manajemen hasil
- Real-time-Market
Komentar
Posting Komentar